terjemah

Recomended

Myspace Layouts by the Original Myspace Pimper

Rabu, 23 Maret 2011

LIDAH, UNTUK APA ???

LIDAH, UNTUK APA ???

Ditulis oleh Setiyono
Kategori Religi Islami
   

lidahKadang   seseorang mengucapkan kata - kata tanpa dipikirkan dan tanpa dipertimbangkan sebelumnya, sehingga menimbulkan kerugian dan penyesalan.

Sesungguhnya seorang hamba benar - benar mengucapkan kata - kata tanpa dipikirkan yang menyebabkan dia tergelincir ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh antara timur dan barat. (Muttafaq'alaih dari Abu Hurairah)
Manusia hendaknya hanya mengucapkan sesuatu yang bermanfaat, karena ucapan yang mubah dapat mengarah kepada hal yang makruh atau haram.

Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia berbicara yang baik atau diam. (Muttafaq'alaih dari Abu Hrairah)

Bila seseorang telah menegrti bahwa ia akan dihisab dan dibalas atas segala yang diucapkan lidahnya, maka daia akan tahu bahaya kata - kata yang diucapkan lidah, dan diapun akan mempertimbangkan dengan matang sebelum lidahnya dipergunakan.

Allah berfirman ''Tidak ada satu ucapanpun yang diucapkan, kecuali di dekatnya ada malaikat Raqid dan 'Atid.'' (QS.Qoof: 18)

Lidah memiliki kesempatan yang sangat luas untuk taat kepada Allah dan berdzikir kepadanya, tetapi juga memungkinkan untuk digunakan dalam kemaksiatan dan berbicara berlebihan.

Seyagyanya senantiasa mengendalikan lidah untuk berdzikir dan taat kepada Allah, sehingga bisa meninggikan derajat. Sebaliknya banyak berbicara tanpa dzikir kepada Allah akan mengeraskan hati, dan menjauhkan diri dari Allah 'Azza wa Jalla.